Pemerintah Harus Menjamin BPJS Sesuai Amanat Konstitusi

Pemerintah harus segera menjelaskan kesimpangsiuran tentang RUU BPJS sehingga masyarakat mendapat informasi yang tepat dan sebenarnya, dengan demikian rakyat bisa ikut terlibat memberikan masukan agar BPJS berjalan sesuai amanat konstitusi, demikian tegas Daniel Johan Wasekjen DPP PKB dalam keterangan persnya, 16 Juli kemarin.

Beberapa kesimpangsiuran misalnya berita bahwa BPJS akan merugikan pekerja, bahwa BPJS bagian dari upaya liberalisasi dan sebagai jalan pemerintah untuk melepas tanggung jawabnya dalam menjamin hak sosial dasar rakyat.

Padahal, jelas Daniel, semangat dasar BPJS sesungguhnya bagian dari memenuhi amanat konstitusi, bahwa negara harus menjamin hak-hak sosial dasar segenap rakyat. Semangat dasar inilah yang harus dipastikan, tidak boleh lepas dan harus dikawal bersama, yang harus menjadi komitmen pemerintah dan DPR dalam menetapkan RUU BPJS.

Dalam BPJS, pekerja tidak boleh dirugikan, bahkan harus semakin terjamin hak sosialnya. Karena telah disepakati bahwa manfaat yang didapat pekerja akan tetap sama sesuai yang sudah berjalan. 
"BPJS justru dalam rangka memperluas cakupan jaminan sosial untuk rakyat yang selama ini belum dapat, dan itu ditanggung oleh negara melalui APBN. Jadi BPJS merupakan usaha pemerintah untuk memenuhi amanat konstitusi. Jadi keliru bila BPJS dianggap bagian dari liberalisasi, karena semangat BPJS adalah justru memperkuat tanggung jawab negara dalam menjamin hak sosial dasar rakyat sesuai amanat konstitusi."

Untuk itu agar BPJS berjalan sesuai semangat dasarnya, Daniel menegaskan agar rakyat perlu mendapat informasi yang sejelas mungkin sehingga bisa ikut mengawalnya. Ada 3 point utama yang penting dari BPJS yang harus dikawal yakni, BPJS harus menjalankan fungsi dan orientasi sosial, jadi tidak bisa orientasinya profit taking. Kedua, BPJS harus tetap dalam kendali dan kepemilikan negara, tidak bisa swasta. Ketiga, manajemen harus profesional, bersih, transparan, dan teruji benar-benar memikirkan hak sosial dasar rakyat. 

"Hanya dengan pengawalan tersebut, BPJS menjadi benar-benar sesuai tujuan aslinya," ungkap Daniel (wit)

Additional information